Like Box

Friday, March 16, 2012

Kerajinan Tangan Boyolali

Tumang merupakan salah satu dari sekian banyak pengrajin di Kabupaten Boyolali termasuk salah satu penyumbang PAD yang signifikan.

Kerajinan ini berawal dari produksi peralatan rumah tangga seperti dandang, teko, panci dll yang bahan bakunya adalah plat tembaga, kuningan atau aluminium.
Usaha ini berjalan turun temurun . Hingga kini, kerajinan tembaga sudah merupakan salah satu hasil karya masyarakat Tumang dimana karya seni ini sudah berkembang menjadi Home Industri sebagai penopang perekonomian masyarakat. Kerajinan tembaga, kuningan dan aluminium yang dihasilkan antara lain adalah Air Mancur tembaga, Anyaman, Bathtub tembaga, Bowl, Gentong, Guci tembaga, Kaligrafi tembaga, Lampu Dinding, Lampu Gantung, Lampu Meja , Lampu Stand , Mirror Frame, Patung tembaga, Relief, Vase tembaga, Wastafel / sink tembaga, alat rumah tangga (dandang, panci, sendok nasi, dll) dan masih banyak yang lainnya. Bahan / material handicraft lain yang dapat digunakan adalah kuningan dan alumunium. Hasil produksinya telah mampu menembus pasar dunia. Khususnya Eropa dan Amerika.

Kerajinan Kayu 
Sepeda motor ini memang tidak dinaiki di jalan raya namun hanya untuk di pajang di rumah, tapi jangan salah lho kalo sepeda ini semua komponennya terbuat dari kayu dan dapat digerakkan seperti sepeda motor asli
Kerajinan ini dapat dijumpai di Kecamatan Mojosongo Boyolali tepat di tepi jalan menuju Klaten.
Waktu yang digunakan untuk memproduksi 1 unit memakan waktu selama 3 minggu dan produk ini telah merambah pangsa pasar benua  Eropa dan Amerika.


Coba amati detilnya, hebat bukan?
(ukuran sepeda motor kayu ini sama persis seperti aslinya)
Selain itu art shop ini juga memproduksi mainan (mobil, becak yang tentu bahan dasarnya berupa kayu)








 Sumber : www.pariwisataboyolali.info

No comments:

Post a Comment