Like Box

Friday, March 9, 2012

PENGGING



Umbul pengging terletak 15 km sebelah timur Kota Boyolali.

Kawasan ini bersejarah bagi  Kabupaten Boyolali dan memiliki hubungan erat dengan Kerajaan Surakarta Hadiningrat.
Menawarkan pemandangan yang indah dan pemandian (umbul) alami serta suasana khas tempo dulu oleh sebab tempat ini dipakai oleh raja-raja Kerajaan Surakarta serta kerabatnya pada saat itu untuk beristirahat.
Pada Tahun 2007 Kawasan Umbul Pengging ini mengalami revitalisasi sehingga semakin menambah daya tarik wisata bagi obyek ini.
Terdapat tiga kolam pemandian utama yaitu :
Umbul Ngabean
Umbul Temanten
Umbul Duda


Gapura masuk  OW. Pengging - Utara



























Pemandian Anak














400 meter ke arah utara kawasan ini dapat kita jumpai bangunan gedung yang bernama Kapujanggan, gedung ini berfungsi untuk pementasan kesenian rakyat seperti karawitan, kethoprak, wayang kulit, tari-tarian tradisional, sebagai museum naskah kuno dan benda-benda pusaka.

Disekitar kawasan ini mulai tumbuh dan berkembang daya tarik wisata baru yang dikelola oleh pihak swasta antara lain Umbul Sewu, Kolam pemancingan dan rumah makan WIN-WIN.
Berjalan ke arah utara sekitar 50 meter dari Gedung Kapujanggan kita akan menjumpai sebuah masjid kuno yang bernama Masjid Cipto Mulyo, masjid ini berarsitektur joglo (rumah adat Jawa Tengah) memiliki bedug dan jam bandul yang berusia ratusan tahun.
Masjid ini erat kaitannya dengan sebuah makam di sebelah barat masjid ini yaitu tokoh Pujangga Keraton Surakarta R.Ng.Yosodipuro.


sumber : http://www.pariwisataboyolali.info

No comments:

Post a Comment